Resep Soto ayam kuning koya krupuk yang Enak Banget

Resep Soto - 27 October 2019, By admin

Soto ayam kuning koya krupuk. Tunggu sampai ayam berwarna kuning, angkat ayam dan tiriskan, lalu masukan daun bawang kedalam kuah kaldu ayam, aduk-aduk kuah dan Sajikan bersama dengan kuah soto dan taburi koya. Soto ayam taburan koya ini hanya ada di resep masakan soto ayam dari kota lamongan asli. Beberapa bumbu utama masakan soto ayam tradisional dari daerah lamongan, seperti : kunyit, lada, ketumbar, serei, bawang merah, bawang putih, krupuk udang, dan bumbu bumbu lainnya.

Soto ayam kuning koya krupuk Bisa disajikan bersama nasi, lontong, ketupat lengkap dengan bawang goreng, krupuk, telur. Soto Ayam – Soto ayam adalah salah satu masakan berkuah khas Indonesia yang cukup populer dan sangat diminati oleh masyarakat. Cara memasak Soto Ayam Surabaya Soto ayam Lamongan merupakan salah satu soto khas Jawa Timur yang populer.

Sedang mencari inspirasi resep soto ayam kuning koya krupuk yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal soto ayam kuning koya krupuk yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari soto ayam kuning koya krupuk, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan soto ayam kuning koya krupuk enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Tunggu sampai ayam berwarna kuning, angkat ayam dan tiriskan, lalu masukan daun bawang kedalam kuah kaldu ayam, aduk-aduk kuah dan Sajikan bersama dengan kuah soto dan taburi koya. Soto ayam taburan koya ini hanya ada di resep masakan soto ayam dari kota lamongan asli. Beberapa bumbu utama masakan soto ayam tradisional dari daerah lamongan, seperti : kunyit, lada, ketumbar, serei, bawang merah, bawang putih, krupuk udang, dan bumbu bumbu lainnya.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah soto ayam kuning koya krupuk yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Soto ayam kuning koya krupuk menggunakan 24 jenis bahan dan 9 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Soto ayam kuning koya krupuk:

  1. Gunakan Bahan utama:.
  2. Ambil 1 buah dada ayam.
  3. Sediakan 8 siung bawang merah.
  4. Ambil 8 siung bawang putih.
  5. Gunakan 1 ruas lengkuas.
  6. Sediakan 1 ruas jahe.
  7. Gunakan 2 ruas kunyit.
  8. Siapkan 6 lbr daun jeruk.
  9. Siapkan 3 btg serai.
  10. Sediakan 4 bj kemiri yg di goreng (tp jgn sampe gosong).
  11. Ambil 1 sdm ketumbar bubuk.
  12. Sediakan sesuai selera daun seledri.
  13. Siapkan sesuai selera daun bawang.
  14. Gunakan 100 gr krupuk udang (digoreng..lalu di haluskan dan jadilah sebagai koya krupuk..waktu dihaluskan bleh di tambah garam sedikit).
  15. Gunakan sesuai selera garam dan lada.
  16. Ambil sedikit gula sebagai pengganti penyedap rasa.
  17. Sediakan Bahan pelengkap soto (sesuai selera) :.
  18. Siapkan keripik kentang.
  19. Sediakan kol iris halus (saya tidak pakai).
  20. Gunakan kecambah yg pendek.
  21. Gunakan su'un.
  22. Siapkan telur rebus.
  23. Ambil jeruk nipis.
  24. Siapkan sambal soto.

Hidangan berkuah ini biasanya ditemui di pinggir-pinggir jalan karena dijual menggunakan gerobak. Beri suwiran ayam, potongan telur, daun bawang, seledri, bawang goreng, dan bubuk koya. Selain krupuk kentang, kuah soto ayam Pak Hartono juga lebih kental dari soto pada umumnya karena ada campuran koya di dalamnya. Koya ini juga telah disediakan di tiap meja, jadi kamu yang doyan dengan parutan kelapa ini bisa menambahkannya sendiri.

Cara membuat Soto ayam kuning koya krupuk:

  1. Ayam dicuci bersih..boleh di kasih perasan air jeruk nipis…siapkan air secukupnya..didihkan masukkan ayam rebus krg lbh 30 mntan. Bawang merah & putih..beserta jahe,lengkuas,kunir serta kemiri haluskan. Lalu tambahkan ketumbar bubuk.. Siapkan penggorengan..tumis semua bumbu yg telah dihaluskan tambahan daun jeruk dan serai.. kalo sudah harum..masukkan ke rebusan ayam tadi…
  2. Setelah ayam di rebus beserta bumbu halus krg lbh 20 menitan..ditengah tengah merebusnya tambahkan garam,lada dan gula sebagai pengganti vitsin..lalu Test Rasa..setelah rasa udah pas…angkat tiriskan..lalu kuah soto bisa di taburi daun bawang beserta seledri yg telah di potong potong kecil…
  3. Dada ayam bisa di goreng sebentar dgn minyak yg telah dipanaskan dahulu…jgn terlalu lama menggorengnya nanti bisa jadi keras dada ayamnya…
  4. Setelah di goreng bentar…suwir suwir dada ayam tersebut sisihkan…
  5. Siapkan semua bahan pelengkap soto….antara lain kentang goreng…telur rebus…kecambah yg udah di rebus juga kol..serta su'un…
  6. Siapkan juga sambal sotonya…cabe sesuai selera rebus sampe layu lalu angkat tambahkan 2 bj kemiri yg sudah digoreng lalu haluskan tambahkan garam.
  7. Siapkan juga krupuk udang goreng.. Lalu haluskan beserta garam sedikit…Siap sudah koya krupuknya…
  8. Saatnya menyajikan soto ayam kuning with koya krupuk…ambil mangkuk..tata nasi..lalu kol..kecambah..keripik kentang..su'un..telur rebus..tambahkan koya krupuk..(koya krupuk secukupnya aja…semakin banyak bisa membuat kuah soto menjadi kental)..jadi sesuai selera aja yaa bun..lalu tambahkan perasan jeruk nipis…lalu siram dengan kuah sotonya…taburi bawang goreng dan hidangkan berserta sambal sotonya….
  9. Siap sudah soto ayam kuning with koya krupuk….selamat menikmati…terima kasih…moga moga bermanfaat resep sederhana saya ini….

Resep Soto Lamongan Asli Dengan Koya Dan Sambal Serta Cara membuat Bumbu Soto Ayam Asli Jawa Timur Dengan Kuah Gurih, Enak dan Lezat. Soto Lamongan adalah salah satu resep soto ayam dengan ciri khas kuah kuning dengan campuran koya yang terbuat dari krupuk udang dan. Soto ayam bumbu kuning merupakan makanan yang enak disajikan ketika makan. Kuah kuning dari soto ini berasal dari warna alami kunyit. Sajikan soto ini dengan soun, sayur kol, telur rebus dsb.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan soto ayam kuning koya krupuk yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Resep Soto ayam kuning koya krupuk yang Enak Banget | admin | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *