Cara Gampang Membuat Soto Betawi kuah santan, Bikin Ngiler

Resep Soto - 4 November 2019, By admin

Soto Betawi kuah santan. Biasanya kuah soto Betawi merupakan perpaduan dari santan dan susu yang dimasak dengan rempah-rempah. Tak lupa berpadu menjadi satu dalam lezatnya daging yang empuk. Ada pula tambahan topping seperti kentang goreng atau rebus, tomat, serta emping melinjo yang dijadikan.

Soto Betawi kuah santan Resep Soto Betawi – Soto betawi adalah salah satu hidangan soto yang cukup populer di daerah Jakarta. Ciri khas dari resep soto betawi yang membedakan Rasa susu cair yang gurih dicampur dengan santan dan bumbu rempah pilihan semakin menambah rasa sedap pada kuah soto betawi. Assalamualaikum Bunda di rumah jumpa lagi yc di Channel Resep Bunda Tika kali ini saya akan berbagi Resep Soto Betawi Spesial Ala Bunda Tika, soto yang saya.

Lagi mencari ide resep soto betawi kuah santan yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal soto betawi kuah santan yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Biasanya kuah soto Betawi merupakan perpaduan dari santan dan susu yang dimasak dengan rempah-rempah. Tak lupa berpadu menjadi satu dalam lezatnya daging yang empuk. Ada pula tambahan topping seperti kentang goreng atau rebus, tomat, serta emping melinjo yang dijadikan.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto betawi kuah santan, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan soto betawi kuah santan yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat soto betawi kuah santan yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Soto Betawi kuah santan menggunakan 28 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Soto Betawi kuah santan:

  1. Ambil 750 g daging sapi, potong sesuai selera.
  2. Gunakan 1500 ml air.
  3. Gunakan 100 ml santan kental (me kara).
  4. Ambil Secukupnya gula garam.
  5. Gunakan Bumbu Cemplung :.
  6. Siapkan 3 lembar daun salam.
  7. Siapkan 5 lembar daun jeruk.
  8. Gunakan 2 cm kayu manis.
  9. Sediakan 5 butir cengkeh.
  10. Gunakan 2 batang serai, memarkan.
  11. Ambil 3 cm lengkuas, memarkan.
  12. Siapkan 1 cm jahe, memarkan.
  13. Sediakan Bumbu halus ;.
  14. Gunakan 10 siung bawang merah.
  15. Gunakan 6 siung bawang putih.
  16. Gunakan 1 sdt lada.
  17. Siapkan 1 sdt munjung ketumbar.
  18. Sediakan 1 sdt jintan.
  19. Siapkan 1/4 sdt pala.
  20. Siapkan Bahan pelengkap ;.
  21. Gunakan Jeruk nipis.
  22. Sediakan Emping melinjo goreng.
  23. Siapkan Kentang goreng.
  24. Gunakan Acar timun wortel.
  25. Gunakan Sambal rawit.
  26. Ambil Bawang goreng.
  27. Gunakan Tomat.
  28. Sediakan Daun bawang.

Nih rahasia cara membuat kuah soto kampung betawi enak tanpa susu. Resep soto betawi asli sebenarnya menggunakan susu cair segar untuk pelengkap kuah. Namun bagi yang tidak suka bisa ganti dengan kuah santan. Soto Betawi kuah susu menggunakan susu sebagai kuahnya, berbeda dari resep yangs ebelumnya yang menggunakan santan.

Cara menyiapkan Soto Betawi kuah santan:

  1. Rebus daging bersama bumbu cemplung hingga matang / empuk.. sementara menunggu dagingnya matang, tumis bumbu halusnya hingga harum..
  2. Setelah daging matang, tambahkan bumbu yg telah d tumis dan juga santan, beri gula dan garam.. masak hingga mendidih, jgn lupa koreksi rasa.
  3. Untuk membuat sambal rawit : rebus cabe & bawang putih hingga matang, kemudian haluskan (saya pake blender).. banyaknya cabe di sesuaikan selera ya..
  4. Membuat kentang goreng : kupas kentang kemudian potongĀ² cuci hinggap bersih, tiriskan.. panaskan secukupnya minyak, goreng hingga berkulit..
  5. Untuk resep acar timun wortel mentahnya udah saya share sebelumnya yah,.
  6. Penyajian ; dalam keadaan panas ambil 1 mangkuk soto, beri potongan daun bawang, tomat, kentang goreng, dan taburi bawang goreng.. sajikan dgn bahan pelengkap lainnya..

Resep soto Betawi kuah susu juga tidak kalah enaknya dengan kuah santan, sehingga bisa dicoba untuk dibuat di rumah. Kuah soto Betawi memiliki tekstur yang kental dan rasa yang gurih karena menggunakan santan. Rempah-rempah yang digunakan untuk membuat soto ini diantaranya adalah jintan, kemiri, ketumbar, dan pala. Soto ini biasa disantap dengan pelengkap emping, acar timun dan wortel, sambai cabai. Lalu rebus daging sapi hingga empuk.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan soto betawi kuah santan yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

Cara Gampang Membuat Soto Betawi kuah santan, Bikin Ngiler | admin | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *