Resep Ayam betutu Yang Simple Pasti Enak

Betutu adalah lauk yang terbuat dari ayam atau bebek yang utuh yang berisi bumbu, kemudian dipanggang dalam api sekam. Betutu ini telah dikenal di seluruh kabupaten di Bali. Betutu merupakan jenis makanan tradisional daerah Bali yang bahan mentahnya berupa karkas utuh itik dan ayam.

Ayam betutu Special menu for ayam betutu kuah, very very spicy. And i loved plecing kangkung with sambal matah, really good! Here we are, Balinese Ayam Betutu – Roasted Chicken, Gianyar style.

Bahan bahan yang harus disiapkan Ayam betutu

  1. Bumbu dihaluskan.
  2. 1/2 sdm ketumbar.
  3. 2 butir kemiri.
  4. 1/2 ruas kunyit.
  5. 15 biji cabe burung.
  6. 1 buah terasi.
  7. 1 sdt merica.
  8. Bumbu dirajang.
  9. 10 siung bawang merah.
  10. 5 siung bawang putih.
  11. 1 ruas lengkuas.
  12. 1/2 ruang kencur (aku gak terlalu suka kencur jadi kasih dikit diresep pake 3 jempot kencur).
  13. 1/2 ruas kunyit.
  14. 1 ruas jahe.
  15. 20 biji cabe burung.
  16. 2 batang serai.
  17. Bahan yang lain.
  18. 1/2 ekor ayam potong.
  19. secukupnya Minyak goreng.
  20. Air bersih.
  21. Garam.
  22. Gula.
  23. Penyedap.

Betutu is an Indonesian-Balinese dish of steamed or roasted chicken or duck in rich bumbu betutu (betutu spice mix). This highly seasoned and spiced dish is a popular dish in Bali and Lombok. Ayam betutu merupakan masakan khas dari Bali. Menurut ahli Gastronomi, Betutu adalah garis walacenya seni kuliner nusantara.

Cara Membuat Ayam betutu Yang Populer Dijamin Sedap

  1. Bersihkan ayam, lalu haluskan dan rajang bumbu sesuai diresep yah.
  2. Tumis bumbu halus dan bumbu yang dirajang hingga wangi, tambahkan gula, garam, penyedap (aku koreksi rasa dulu) masukan ayam lalu aduk aduk hingga rata, masak hingga ayam agak berubah warna yah.
  3. Lalu tambahkan air, sampai ayam tengelam yah, masak dengan api kecil aja,.
  4. Masak terus hingga airnya nyusut, biar ayamnya empuk banget, jangan lupa koreksi rasa kalau masih kurang bisa ditambahkan lagi apa yang kurang hehee.
  5. Kalau udah, angkat lalu dihidangkan pake nasi anget nikmatnyaaa :).

Pembatas antara Seni makanan barat dan Timur Di indonesia. Ayam betutu merupakan masakan dari Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, yang diracik menggunakan bumbu-bumbu khas Bali, dan jadi menu legendaris yang wajib kamu coba. Bahasa is a common universal language throughout Indonesia islands, however, each region may have its own dialect too. The Balinese also has its own dialect. Resep Ayam Betutu, Hidangan Istimewa dari Pulau Dewata.

Terima kasih kakak Mila yang telah mau shareResep Ayam betutu Yang Simple Pasti Enak semoga bermanfaat untuk kita semua , silahkan di praktekan bisa untuk acara arisan atau apa saja , jangan lupa untuk berbagi ke kerabat melalui media sosial , misalnya whatsapp
Resep Ayam kremes bumbu lengkuas Yang Populer Endes
Resep Ayam kremes bumbu lengkuas Yang Populer Endes
Resep Ayam Goreng Lengkuas Laos Lengkap Dengan
Resep Opor Ayam Yang Mudah Bikin Ngiler
Resep Opor Ayam Yang Mudah Bikin Ngiler
Meski opor ayam dapat dimasak sesuai selera
Resep Ayam bakar saos lada hitam Yang Mudah Bikin Ngiler
Resep Ayam bakar saos lada hitam Yang Mudah Bikin Ngiler
Assalamualaikum Bosan dengan menu ayam goreng biasa

Top